DECEMBER 9, 2022
Pandeglang

Pantai Teluk Labuan Dipenuhi Sampah

post-img

DIPENUHI SAMPAH: Pesisir Pantai Teluk Labuan dipenuhi sampah rumah tangga, Senin (19/9). (Adib/Radar Banten)

PANDEGLANG - Sampah di se­panjang Pantai Teluk, Desa Labuan, Ke­camatan Labuan kembali me­numpuk, Senin (19/9). Kondisi ter­sebut membuat pantai menjadi kotor dan kumuh, sehingga berpotensi mencemari lingkungan.

Muksin, nelayan Teluk Labuan me­­ngatakan, penumpukan sampah di Kawasan Pantai Teluk Labuan cukup memprihatinkan. Karena itu, dia me­minta kepada pemerintah dae­rah untuk mengatasi persoalan sampah. Sehingga pantai menjadi bersih dan nyaman dikunjungi wi­satawan.

“Udah lama kaya gitu, sempat be­be­rapa kali dilakukan pengerukan dengan menggunakan alat berat, tapi nggak lama sampah numpuk lagi,” katanya kepada Radar Banten, kemarin.

Penumpukan sampah di pantai, ka­tanya, telah membuat Pantai Teluk Labuan menjadi kumuh dan kotor. Padahal, apabila dilakukan perawatan dan pemeliharaan, bisa menjadi lokasi wisata yang potensial. 

“Kumuh lokasinya. Coba kalau di­pelihara, pasti kelihatan bagus. Kalau seperti ini, siapa yang mau ber­kun­jung,” tegasnya.

Menurutnya, penumpukan sampah di kawasan tersebut akibat ulah ma­nusia dan tidak tersedianya tempat pembuangan sampah di sekitar Pantai Teluk Labuan. Oleh karena itu, dia meminta kepada instansi terkait agar segera turun tangan membersihkan tum­pukan sampah di pantai.

“Itu kan sampah dari kita-kita juga. Ka­rena malas membuang di tem­pat sam­pah, ya dilemparlah ke laut. Apalagi di deket laut enggak ada tem­pat sampah umum. Kalaupun ada, jumlahnya enggak banyak,” jelasnya.

Kesadaran masyarakat memelihara ke­bersihan masih rendah. Solusinya, pe­merintah menyediakan tempat pem­buangan sampah dan masyarakat diberikan pemahaman tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian alam.

“Di sini kan tempatnya selalu ramai kalau sore sampai malam. Nah, harusnya ada perhatian khusus agar tidak ada penumpukan sampah seperti sekarang,” ungkapnya.

Dikonfirmasi terpisah, Anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD Pan­de­glang Erin Fabiana Ansori me­ngatakan, Dewan akan menyampaikan persoalan tersebut kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Hara­pannya, penumpukan sampah di Pantai Teluk Labuan cepat ditangani. Jangan sampai dibiarkan, karena akan merusak lingkungan dan meng­ganggu aktivitas pariwisata di Pan­deglang.

“Secepatnya kita sampaikan agar persoalan sampah di Kawasan Pantai Teluk Labuan selesai dan tidak lagi terlihat kumuh,” harapnya. (dib/tur)