DECEMBER 9, 2022
Sambungan

Pandeglang Dua Kali Diguncang Gempa

post-img

PANDEGLANG-Gempa bumi mengguncang Kabupaten Pandeglang, Jumat (5/10), sekira pukul 16.23 WIB. Gempa berkekuatan 5,1 Skala Richter itu berpusat pada jarak 140 kilo­meter Barat Daya Sumur, Kecamatan Sumur.  

Berdasarkan informasi dari Badan Meteoro­logi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), kemarin terjadi dua kali gempa di Kabupaten Pandeglang. Pertama, terjadi pada keda­laman10 kilometer pada pukul 16.23 WIB. 

Sementara gempa susulan terjadi pada pukul 18.29 WIB. Kali ini pada jarak 38 kilo­meter Barat Daya Sumur dengan ke­dalaman 18 kilometer. 

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBDPK) Kabupaten Pandeglang Rahmat Zultika membenarkan terjadinya gem­pa bumi berpusat di Sumur. Tetapi, gempa tersebut tidak berpotensi tsu­nami. “Gempa susulan tidak berpotensi tsunami. Selain gempa dalam beberapa hari ini Gunung Anak Krakatau juga me­ngalami erupsi,” katanya kepada Radar Banten, Jumat (5/8).

Rahmat mengaku belum menerima laporan adanya kerusakan akibat gempa ter­sebut. “Masyarakat diminta tetap te­nang tidak harus panik tapi tetap waspada akan adanya gempa susulan,” katanya.

Selain itu, berdasarkan informasi dari Kementerian ESDM, memasuki bulan Agustus 2022 Gunung Anak Krakatau telah mengalami 15 kali letusan. Di anta­ranya 10 kali pada 2 Agustus, empat kali pada 3 Agustus, dan satu kali pada 5 Agustus.

“Status keaktifan Gunung Anak Kra­katau berada pada level 3 (Siaga-red) dengan jarak bahaya pada radius 5 kilometer dari kawah aktif. Dimohon kepada masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas di sekitarnya,” katanya. 

Ketua RT 03 RW 04 Kampung Ketapang, Desa Tunggaljaya, Kecamatan Sumur, Ruyadinata mengaku, tidak mengetahui terjadi dua kali gempa yang berpusat di Kecamatan Sumur. “Saya tidak merasakan adanya getaran gempa. Jadinya tidak tahu kalau ternyata ada gempa,” katanya.”Kalau warga masih menjalankan aktivitas seperti biasa. Karena memang gempa terjadi tidak terasa dan tidak sampai menimbulkan kerusakan,” tambahnya. (mg-01/nda)