DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Inter Banten Mirip Inter Milan

post-img

JAKARTA - Kongres PSSI 2022 lalu telah mengesahkan beberapa pergantian nama klub Tanah Air. Total ada 22 klub dari Liga 1 hingga Liga 3 yang berganti nama.

Banyak di antaranya mempunyai nama-nama yang menarik dan mencuri perhatian public. Terlebih, klub-klub dari Liga 3 yang merupakan kasta paling bawah di piramida sepak bola Indonesia.

Salah satu klub Liga 3 yang punya nama unik adalah klub asal Banten. Klub ini sebelumnya bernama Bintang Junior FC. Kini, berganti nama menjadi Internazionale Banten.

Sontak nama ini menjadi perhatian di dunia maya. Pasalnya, nama klub ini mirip dengan raksasa asal Italia, Internazionale Milano, atau yang biasa disebut Inter Milan.

Secara harfiah, nama mereka sebetulnya cenderung sama. Tetapi sangat berbeda dari segi logo. Inter Milan identik dengan warna hitam dan merah muda. Sedangkan, Inter Milan dengan biru dan hitam.

Logo kedua tim juga berbeda. Logo Inter Milan cuma berupa hurup I dan M yang merupakan akronim dari nama mereka. Sementara, Inter Banten menampilkan kepala singa di logo mereka.

FC Internazionale sendiri didaftarkan raksasa Kota Milan tersebut sebagai trademark pada 27 Maret 2018 lalu. Ini berarti, Inter Milan lebih dulu memakai kata Internazionale daripada Inter Banten.

Nah, terlepas dari ramainya nama Internazionale Banten, klub ini sudah aktif bermain di kasta bawah Indonesia. Pada kompetisi Liga 3 Zona Banten musim lalu, Inter Banten atau Bintang Junior FC harus puas finis di peringkat kelima Grup C pada klasemen babak penyisihan grup. Dari lima pertandingan yang mereka lakoni, Bintang Junior FC yang kini bernama Inter Banten cuma mengantongi satu kali kemenangan dan menelan 4 kekalahan. 

Dengan mengganti nama menjadi Internazionale Banten, mereka akan tetap mempersiapkan diri menyambut gelaran Liga 3 2022. Sesuai jadwal program kerja PSSI, putaran provinsi Liga 3 termasuk Liga 3 Zona Banten akan dimulai pada periode Agustus hingga November 2022.

Sementara, mengenai pergantian nama yang sempat menimbulkan pertanyaan terkait izin dari Inter Milan, perwakilan Inter Banten sempat memberi keterangan. Disebutkan bahwa mereka akan mengganti nama menjadi Internasional Banten untuk musim depan. Mereka pun tidak akan menggunakan nama “Internazionale” secara komersial di jersey, emblem, dan material-material lainnya secara fisik atau media sosial. (BT/don)