DECEMBER 9, 2022
Radar Serang

Promosikan Banten Lama Lewat Gowes Sampai Aceh

post-img

SERANG- Ahmad Anis Aliyudin, warga Kota Serang, Banten, mempromosikan wisata religi Banten Lama ke Pulau Sumatera dengan cara yang berbeda. Dia akan mengayuh sepeda sepanjang 5.000 kilometer (KM) dari Kota Serang sampai ke Aceh bahkan ke Sabang.

Anis mengatakan, misinya mengenalkan dan mempromosikan wisata religi Banten Lama ke Pulau Sumatera diperkirakan akan memakan waktu selama 5 bulan dari Agustus sampai dengan Desember 2022. Keberangkatan Anis dilepas oleh Walikota Serang Syafrudin dan Wakil Walikota Serang Subadri Usuludin pada Rabu (10/8), bertepatan dengan peringatan hari ulang tahun ke-15 Kota Serang.

"Agustus-Desember mudah-mudahan selesai," kata Anis.

 

Anis mengatakan, akan ada sejumlah daerah yang dikunjungi selama perjalanan menggunakan sepeda. Beberapa daerah itu adalah Lampung, Palembang, Jambi, Riau, Medan, Aceh, dan Sabang. Di lokasi atau daerah yang dilalui, dia akan mampir lalu menyerahkan souvernir ke pemerintah kabupaten, pemerintah kota, pemerintah provinsi, dan Polda setempat.

"Ada 3 macam souvernir yang nanti diserahkan, yaitu kaos, gantungan kunci, dan stiker," katanya.

Selain mempromosikan wisata religi Banten Lama, perjalanan gowes ini juga dalam rangka memperingati HUT Kota Serang, HUT Kabupaten Serang, dan HUT Provinsi Banten. Sebagaimana diketahui, HUT Kota Serang diperingati pada bulan Agustus, HUT Kabupaten Serang pada bulan Oktober, dan HUT Provinsi Banten juga pada bulan Oktober.

 

"Mudah-mudahan sampai di 0 KM Sabang pas Oktober dalam rangka HUT Provinsi Banten dan HUT Kabupaten Serang," katanya.

Anis mengaku banyak dukungan dari sejumlah kalangan untuk misi memperkenalkan wisata Banten Lama. Dukungan itu berasal dari Pemkot Serang, Pemkab Serang, Pemprov Banten, bahkan Polda Banten.

Menurut Anis, bersepeda jarak jauh ini merupakan pengalaman keduanya. Sebelumnya, dia pernah melakukan perjalanan dari Kota Serang ke Bandung selama 9 hari 8 malam. Sebelum melakukan gowes ke Sabang ini, dia mempersiapkan segala keperluan, mulai dari peralatan sepeda sampai dengan latihan fisik mengayuh sepeda sampai hampir 800 KM.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Serang Wasis Dewanto menyatakan dukungannya kepada misi yang dibawa oleh Anis. Dengan gowes ini diharapkan akan semakin banyak masyarakat di luar Banten yang mengenal wisata religi Banten Lama yang sebagian besar berada di wilayah Kota Serang.

Wasis menilai ini adalah perjalanan yang luar biasa karena dilakukan oleh seorang diri dan hanya menggunakan sepeda. Tidak semua orang mampu melakukannya.

"Mewakili Pemerintah Kota Serang kami mendukung misi ini," ujar Wasis. (rbnn/nda)