DECEMBER 9, 2022
Cilegon

Puluhan Ibu-ibu Rawaarum Dilatih Digital Marketing

post-img

CILEGON – Puluhan ibu-ibu yang bergak di bidang UMKM di Kelurahan Rawaarum, Kecamatan Grogol dilatih cara memasarkan melalui digital. Pelatihan diseleng­garakan Kelurahan Rawaarum dengan menghadirkan narasumber dari Dinas Koperasi UKM Kota Cilegon.

Kegiatan yang dilaksanakan di aula Kelurahan Rawaarum ini mendapatkan respons dari peserta. Mereka antusias mengikuti pelatihan.

Kasi Pemberdayaan dan Fasilitasi UMK Dinkop UKM Kota Cilegon Teti Hartati menjelaskan, pemasaran melalui digital menjadi strategi yang ampuh dalam memasarkan semua jenis usaha karena penggunaan gudget saat ini tidak lepas pada era ini.

“Di sini para peserta kita ajarkan bagaimana cara memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan sebuah brand produk maupun jasa dalam menggunakan digital marketing,” kata Teti.

Menurut Teti, pemasaran melalui digital memiliki banyak kelebihan diban­ding dengan pemasaran cara kon­vensional. “Yang pertama penyebaran dalam memasarkan sangat cepat hanya dalam hitungan detik sudah menjangkau luas dan dengan pemasaran digital lebih murah sehingga efektif dalam mem­bangun nama brand dengan baik,” pungkasnya.

Lanjut Teti, pemasaran melalui digital juga memiliki dua jenis, pertama sosial media marketing yakni mempromosikan brand dan konten di media sosial seperti Facebook, WhatsApp Twitter dan sebagai­nya, media sosial tersebut meru­pakan sarana untuk membesarkan brand atau endorse. Yang kedua video marketing, cara ini UMKM bisa langsung menjelas­kan tentang bisnis dan produk serta menampilkan testimoni pelanggan.

“Jadi pada pelatihan ini pelaku UMKM kita ajarkan menggunakan aplikasi Canva di mana dengan aplikasi tersebut bisa membuat desain kemasan dengan baik, cepat dan juga murah karena tanpa biaya, sehingga UMKM dapat memasar­kan produknya melalui digital marketing,” pungkasnya.

Sementara itu, Kasi PM dan Kessos Kelurahan Rawaarum Dwi Haryani berharap, para UMKM yang dilatih da­lam memasarkan produk secara digital, mudah-mudahan bisa lebih ma­ju dan bersaing dalam mengem­bang­kan usahanya. (raj)