DECEMBER 9, 2022
Kab Serang

Tampilkan Seni Budaya Lokal

post-img

SERANG - Sebanyak 16 anggota Pramuka Kabupaten Serang dikirim ke Cibubur, Jakarta Timur untuk me­ngikuti Jambore tingkat Nasional 2022.

Mereka dilepas oleh Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kabupaten Serang Pandji Tirtayasa di Pendopo Bupati Serang, Kamis (11/8).

Pandji mengatakan, jambore nasional merupakan ajang untuk membentuk kedisiplinan dan kemandirian anggota pramuka. Juga untuk membangun silaturahmi antar anggota.

Ia mengatakan, di Pramuka dapat membentuk karakter dan kepribadian setiap anggota. "Mereka akan diperte­mukan dengan anggota Pramuka se-Nasional, ini membangun silaturahmi dan kebersamaan antar satu dan yang lainnya," katanya.

Ia berpesan kepada para anggota yang menjadi delegasi untuk dapat menjaga nama baik pribadi dan daerah. "Jangan sampai ada kesan negatif Kabupaten Serang dimata yang lainnya," ujarnya.

Ketua Harian Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kabupaten Serang Aat Supriyadi mengatakan, jambore nasional digelar setiap lima tahun sekali. "Ini kesempatan bagi adik-adik kami untuk berpartisipasi di event nasional," katanya.

Ia mengatakan, 16 peserta yang dikirim ke jambore nasional merupakan hasil seleksi. Mereka juga sudah diberikan pembekalan untuk mem­perkenalkan seni budaya Kabupaten Serang di tingkat nasional.

Aat mengatakan, para peserta akan menampilkan tari ringkang jawari yang merupakan tarian khas Kabupaten Serang. 

"Mereka juga sudah diajarkan seni budaya tersebut," kata Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindik­bud) Kabupaten Serang ini.

Dikatakan Aat, melalui event tersebut diharapkan seni budaya Kabupaten Serang dapat dikenal di tingkat nasional. "Sehingga dapat membuat harum nama Kabupaten Serang," pungkasnya. (jek)