DECEMBER 9, 2022
Lebak

Tips Menjaga Kesehatan Kulit dengan Perawatan yang Benar Tiap Hari

post-img

KULIT indah dan sehat merupakan dam­baan semua orang. Namun keinginan memiliki kulit indah ada rintangannya juga. Faktor lingkungan yang buruk dapat merusak kesehatan kulit, tentu saja selain faktor alami yaitu pertambahan usia. Seorang ahli kulit sehat menyatakan bah­wa kulit indah dan sehat sejalan dengan ke­biasaan perawatan kulit yang tepat dan alami setiap hari.

Kulit merupakan organ terbesar pada tubuh manusia dengan lapisan terluarnya yang dinamakan epidermis. Epidermis adalah bagian berperan penting dalam melindungi kulit dari faktor-faktor perusak di luar tubuh. Di balik epidermis terdapat lapisan dermis yang disebut juga sebagai lapisan tengah kulit.

Selain pertambahan usia, faktor lingku­ngan berpengaruh pada perubahan kulit, ter­utama dampaknya kepada proses alami penuaan kulit . Ahli kulit sehat tersebut juga mengatakan bahwa sinar matahari menjadi penyebab utama dari kerusakan kulit karena adanya kandungan sinar ultraviolet dan radikal bebas.

Ada faktor lingkungan lain yang bi­sa menyebabkan kerusakan kulit, seperti pa­paran bahan kimia yang menimbulkan iritasi dan alergi pada kulit. Terdapat le­bih dari 3.000 alergen dan bahan iritatif yang tersebar di sekitar kita.

Hal ini terutama menimpa orang-orang dengan kulit sensitif. Sebagai akibatnya, kulit menjadi merah. Cara termudah dalam melindungi kulit adalah meng­hindari kontak dengan bahan-bahan alergen tersebut, misalnya dengan memakai pelindung tubuh dan mengganti produk perawatan yang tidak menimbulkan iritasi pada kulit.

Perawatan Kulit Sehat secara Alami

Pera­watan kulit sehat alami dapat dilaku­kan dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran yang mengandung antioksidan, seperti buah beri, brokoli, wor­tel, dan bayam. Selain itu, produk de­ngan antioksidan, dan vitamin, seperti vita­min C dan vitamin E juga baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Lebih jauh lagi, guna menghindari keru­sakan kulit akibat faktor buruk lingkungan, per­lu dilakukan upaya perawatan kulit dengan produk perawatan kulit yang juga mendukung agar tetap sehat dan bersinar. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan perawatan kulit secara rutin adalah:

Rutin membersihkan wajah, setidaknya dua kali sehari. Pastikan untuk menghapus ria­san di malam hari sebelum tidur. Gu­nakan pembersih lembut yang tidak mengandung deterjen dan pewangi. Utamakan juga pembersih wajah yang berbahan alami.

Gunakan produk pelembap. Bukan ha­nya bagi pemilik kulit kering, tapi gunakan produk ini juga bagi Anda yang berkulit berminyak.

Selalu pakai tabir surya tiap hari meski tidak sering beraktivitas di luar ruangan. Pada kenyataannya, langkah perawatan inilah yang terpenting untuk melindungi kulit. Pilih tabir surya dengan kandungan ba­han alami dan mengandung SPF mi­nimal 15 atau 30 untuk melindungi kulit dari sinar UV A dan UV B.

Konsumsi makanan sehat dan hin­­dari stres berkepanjangan. Gu­na­­kan masker wajah berbahan alami. Masker ini baik untuk menutrisi kulit wajah dan membuat kulit putih. (alodokter.com/alt)