DECEMBER 9, 2022
Radar Serang

Walikota : Anak Wajib PAUD Setahun

post-img

SERANG-Pemkot Serang mewajibkan satu tahun pendidikan anak usia dini (PAUD) bagi anak di bawah usia enam tahun. Kebijakan ini sebagai upaya mengembangkan motorik anak sebelum masuk jenjang pendidikan formal. 

Demikian diungkapkan Walikota Serang Syafudin, dalam acara Gebyar PAUD Kota Serang Tahun 2022, di Lapangan Kampus B Universitas Bina Bangsa, Kota Serang, Kamis (11/8). 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bunda PAUD Kota Serang Ade Jumaiyah Syafrudin, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Serang Alpedi, Rektor Universitas Bina Bangsa, Furtasan Ali Yusuf dan tamu undangan lainnya.

Syafrudin mengatakan, kewajiban minimal satu tahun wajib PAUD tercantum dalam Peraturan Daerah Nomor 24 Tahun 2020 tentang Wajib PAUD Minimal 1 Tahun Pra Sekolah Dasar (SD). “Sebenarnya mah wajib PAUD itu dari usia nol sampai enam tahun. Kan ada Perdanya itu," ujarnya. 

Menurutnya, sekolah PAUD ini dapat mengembangkan motorik anak-anak. Terlebih dengan kegiatan-kegiatan semacam gebyar PAUD untuk memotivasi anak-anak lebih aktif. "Sudah kita lihat dari beberapa penampilan tadi, ini menjadi salah satu motivasi untuk membangkitkan anak-anak kita yang akan memasuki tingkat SD," katanya. 

Mendidik anak, kata Syafrudin, menjadi kewajiban orang tua, bahkan sejak dalam kandungan. Hal ini dapat dilakukan melalui kegiatan positif, seperti mengaji, dan lainnya, sehingga perilaku anak pun mengikuti orang tua. “Semenjak ibu-ibu mengandung itu harus dididik bu, seperti ibunya rajin salat, nanti anak yang lahir bakal rajin salat. Tapi, kalo ibu-ibunya rajinnya belanja, nanti anak-anaknya juga hobi berbelanja,” gurau Syafrudin.

Syafrudin juga memberikan apresiasi terhadap guru PAUD tiap kecamatan yang sudah bersedia mendidik anak-anak usia dini untuk membentuk karakter dan kreativitas anak. Ia juga berharap para guru senantiasa sabar dalam mendidik anak. "Anak-anak kita sudah terlihat dari bakat dan karakternya sudah terbentuk, baik penampilan, keberanian sudah terlihat perubahannya," terangnya.

Sementara itu, Bunda PAUD Kota Serang Ade Jumaiah Syafrudin juga mengatakan, Gebyar PAUD Kota Serang ini sebagai motivasi membangkitkan semangat anak-anak Kota Serang sebelum masuk SD. "Kegiatan ini menjadi motivasi untuk anak-anak kita, salah satu untuk membangkitkan dan semangat anak-anak kita jelang masuk SD," ujarnya. 

Menurut Ade, PAUD adalah pendidikan yang diberikan kepada anak-anak sebelum masuk ke jenjang pendidikan formal, pendidikan itu harus dibangun sejak dalam kandungan. "Mendidik anak itu sebenarnya mulai dari kandungan dari orang tua perempuan," katanya. 

“Contoh diajak ngaji, salat biasanya jika diajarkan begitu Insya Allah rajin anaknya. Anak-anak cerdas tergantung dari ibunya. Karena anak lebih intens dididik oleh ibunya," tambah Ade. (fdr/nda)