DECEMBER 9, 2022
Lebak - Tutorial

LKM Targetkan UMKM Bebas Dari Rentenir

post-img

SERAHKAN TROPY: Direktur Utama PT LKM Rangkasbitung menyerahkan trofy kepada Bupati Iti Octavia Jayabaya yang didaulat sebagai Top Pembina BUMD 2022 pada ajang TOP BUMD 2022, kemarin.(Dok Humas Setda Lebak)


Raih TOP BUMD Award 2022

LEBAK - PT LKM Rangkasbitung me­nargetkan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bebas dari Bank Kosipa atau rentenir. Ini me­rupakan bentuk komitmen LKM Rangkasbitung yang tahun ini menyabet predikat TOP BUMD Award 2022 Bintang 5 (ekselen).

Direktur Utama PT LKM Rang­kas­bitung Frengky Nainggolan me­nga­takan, kinerja BUMD milik Pemkab Lebak yang dipimpinnya terus mem­baik dari tahun ke tahun. 

“Alhamdulilah dalam dua tahun terakhir ini kinerja temen-temen di LKM Rangkasbitung terus membaik. Tahun ini kita memborong tiga kategori sekaligus pada ajang bergengsi TOP BUMD Awards 2022,” kata Frengky ditemui Radar Banten di kantornya, Senin (12/9).

Tiga kategori penghargaan utama yang diraih, kata Frengky, yaitu Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya didaulat sebagai Top Pembina BUMD 2022, Di­rektur Utama PT LKM Frengky Na­inggolan menyabet TOP CEO BUMD 2022, dan PT. LKM Rangkasbitung meraih Predikat TOP BUMD Award 2022 aneka usaha bintang 5 (ekselen/luar biasa).

“Tentunya, prestasi ini diraih berkat kerja keras teman-teman di LKM Rang­kasbitung dan arahan dari Bupati untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan kinerja perusahaan, serta menjadi pilihan masyarakat khususnya UMKM,” ujarnya.

Dia mengatakan, penghargaan TOP BUMD 2022 ini merupakan diharapkan menjadi pemicu agar kinerja ke depan lebih baik lagi. 

“Penghargaan ini akan kami jadikan motivasi untuk selalu memberikan pe­layanan terbaik bagi masyarakat,” pa­parnya.

Dia menambahkan, pihaknya akan terus membantu dan mempermudah UMKM di Lebak di bidang perkreditan atau penguatan modal. Ini dilakukan, dalam upaya meminimalisir keter­gan­tungan pedagang kecil terhadap ko­perasi simpan pinjam (kosipa) atau bank keliling.

“Saat ini nasabah kita 75 persen ber­asal dari UMKM dengan suku bu­nga yang cukup bersaing. Dengan demikian dipastikan ke depan keter­gan­tungan pedagang kecil terhadap ko­sipa berkurang,” harapnya.

“Kegiatan TOP BUMD Awards Tahun 2022 diikuti 200 nominasi BUMD ter­baik yang sebelumnya sudah di­seleksi dari 1.149 BUMD di seluruh In­donesia,” jelasnya. 

Sementara itu, Bupati Iti Octavia Ja­yabaya mengapresiasi kinerja PT LKM Rangkasbitung yang berhasil memborong tiga penghargaan pada TOP BUMD Awards 2022.

“Tentu saja pengakuan atas kinerja berupa awards ini patut kita apresiasi dan syukuri. Ini menandakan per­usaha­an menuju arah yang lebih lagi. De­wan juri dalam ajang ini bukan orang sem­barangan,” tegasnya.(nce/tur)