DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Verstappen Dekati Gelar Juara Dunia

post-img

Max Verstappen meraih kemenangan kelima secara beruntun usai menjuarai Formula 1 GP Italia 2022. Pembalap Red Bull itu makin dekat dengan gelar juara dunia.

Balapan F1 GP Italia digelar di Sirkuit Monza, Minggu (11/9) malam WIB. Verstappen jadi pembalap pertama yang menyentuh garis finis, mengungguli pembalap Ferrari Charles Leclerc.

Verstappen yang memulai balapan dari posisi ketujuh sudah mendekati Leclerc, sang pemimpin balapan, setelah lima lap. Leclerc kemudian memanfaatkan Virtual Safety Car pada lap ke-12 untuk masuk ke pit stop.

Sementara itu, Verstappen tidak masuk pit sampai lap 25. Dia keluar dari pit stop dalam posisi tertinggal 10 detik dari Leclerc.

Setelah tujuh lap, Verstappen mampu memangkas jarak hingga tinggal lima detik dari Leclerc. Leclerc kembali masuk pit pada lep 33 dan pimpinan balapan berpindah ke Verstappen.

Safety car keluar saat balapan tersisa lima lap ketika mobil McLaren Daniel Ricciardo mengalami masalah mesin. Verstappen pada akhirnya menjadi pembalap pertama yang melewati garis finis di belakang safety car yang berada di lintasan sampai balapan selesai.

Berkat kemenangan ini, Max Verstappen mantap di puncak klasemen F1 dengan 335 poin. Pembalap asal Belanda itu unggul 116 poin atas Charles Leclerc.

Verstappen berpeluang mengunci gelar juara dunia F1 di GP Singapura pada 2 Oktober mendatang. Verstappen bisa jadi juara dunia jika jadi juara dan Leclerc gagal finis. (dtk/don)