DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Bagnaia Rebut Puncak Klasemen dari Quartararo

post-img

NET

Pembalap Ducati Lenovo Team, Francesco Bagnaia, berhasil merebut puncak klasemen MotoGP 2022 dari Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha). Kesuksesan Bagnaia ini terjadi usai balapan MotoGP Australia 2022, Minggu (16/10).

Francesco Bagnaia konsisten berada di barisan depan. Dia sukses mencapai garis finis ketiga pada balapan yang berlangsung di Philip Island. 

Sementara, Fabio Quartararo yang start kelima, malah mendapatkan nasib yang kurang beruntung. Di pertengahan lomba, pembalap asal Prancis itu mengalami crash dan berujung tak dapat melanjutkan balapan.

Bagnaia puas dengan hasil yang didapatkan karena bisa mencapai zona podium. “Saya sangat senang dengan hasil ini. Balapan hari ini (kemarin-red) tidak mudah,” katanya. 

“Saya hanya mencoba mengatur ban dengan sempurna. Tujuan saya adalah memenangkan balapan.”

“Tetapi ketika saya melihat di papan pit bahwa Fabio telah retired, saya berkata pada diri sendiri, ‘Oke, menang akan jadi hal yang sempurna, tapi jika saya tidak bisa melakukannya, tidak masalah. Selesaikan balapan!’.”

“Ketika mereka (Alex Rins dan Marc Marquez-red) melewati saya di lap terakhir, saya tidak ingin mengambil risiko. Saya hanya tidak ingin jatuh.”

“Saya membuat banyak kesalahan musim ini, jadi sangat penting untuk menyelesaikan balapan dan mencetak poin. Saya pikir saya telah banyak belajar.”

Bagnaia juga tak menyangka bisa merebut puncak klasemen dari Quartararo jelang akhir musim. 

Kendati saat ini unggul 14 poin, pembalap asal Italia itu tak ingin terlena berada di puncak klasemen. Dia mengaku hanya ingin fokus balapan dengan baik hingga akhir musim nanti.

“Ya, tentu saja (senang di puncak klasemen-red), tetapi saya tidak ingin mengatakan apa-apa sekarang, saya tidak ingin memikirkannya,” ucap Bagnaia.

“Saya hanya ingin tetap tenang dan memikirkan balapan berikutnya seperti yang telah kami lakukan di semua balapan di mana kami bekerja selama ini.”

“Kami harus bertindak dengan pintar. Tujuan utamanya adalah melakukan balapan yang bagus,” tutup Bagnaia. (BS/don)