DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Kans Wakil Indonesia Juara Terbuka

post-img

Japan Open 2022

OSAKA - Sebanyak empat wakil Merah Putih berhasil mengamankan tempat mereka pada babak 16 besar Japan Open 2022. Keempat dari lima wa­kil In­do­nesia itu meraih kemenangan pada hari pertama babak 32 besar Japan Open di Maruzen Intec Arena, Osaka, Selasa (30/8).

Pasangan ganda putri, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, yang menjadi penampil pertama dari Nusantara tampil perkasa. Juara Malaysia Open dan Si­nga­pore Open itu menumbangkan wakil Kanada, Catherine Choi/Josephine Wu, lewat skor identik.

Dua pasangan ganda putra Indonesia, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana dan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, menyusul. Fikri/Bagas dan Marcus/Kevin melakoni pertandingan yang tak mudah saat menghadapi lawannya yang sama-sama berasal dari Malaysia.

Fikri/Bagas harus bertanding tiga gim untuk mengakhiri kering kemenangannya saat bersua kampiun German Open 2022, Goh Sze Fei/Nur Izzuddin Rumsani. Bagi Fikri/Bagas, ini menjadi kemenangan per­tama setelah selalu tumbang di per­tandingan pertama dalam tiga tur­namen sebelumnya. Mengalahkan lawan yang peringkatnya berada di atas me­reka makin menumbuhkan keperca­yaan diri yang sempat hilang.

“Hari ini (kemarin-red) kami bermain mati-matian karena misi kami adalah bangkit,” kata Bagas setelah pertandingan.

“Kami tidak mau ada di bawah terus, kami mau buktikan kita bisa. Never give up,” imbuhnya dengan bersemangat.

Marcus/Kevin juga memutus catatan ke­ka­lahan mereka setelah tersingkir pada babak ketiga Kejuaraan Dunia 2022. Marcus/Kevin mengatasi perlawanan pasangan pemain dari Negeri Jiran, Man Wei Chong/Kai Wun Tee, yang baru-baru ini menjadi kampiun pada Taipei Open 2022. Kemenangan menjaga Marcus/Kevin untuk mempertahankan status juara bertahan pada Japan Open untuk ketiga kalinya.

Wakil keempat yang berhasil melaju ke babak berikutnya adalah Gregoria Mariska Tunjung dari nomor tunggal putri. Gregoria dengan mulus melewati adangan wakil Jer­man, Yvonne Li. Pertandingan ditun­taskan Jorji dalam tempo 21 menit saja.

Sayangnya, Indonesia harus kehilangan satu wakilnya pada hari pertama Japan Open 2022. Pasangan ganda campuran, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, harus mengakui keunggulan wakil Malaysia, Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie.

Rehan/Lisa menunjukkan perlawanan sengit sepanjang laga. Namun, langkahnya terhenti pada babak rubber.

Indonesia masih berpeluang menambah amunisi pada babak berikutnya. Delapan kontestan tanah air lainnya baru akan ber­laga pada lanjutan babak perta­ma Japan Open 2022 yang berlangsung, Rabu (31/8) hari ini. (BS/don)